Tes SBMPTN Harus Tenang dan Santai

Aku baru saja menikah satu bulan lalu. Aku mempunyai satu adik ipar perempuan yang masih duduk di kelas 12 SMA. Adikku telah melewati masa-masa Ujian Nasional dan saat ini ia sedang mempersiapkan tes SBMPTN. Aku sangat dekat dengannya, ya karena aku tidak punya adik perempuan.

Adik iparku ini sangat ambisius. Ia sangat ingin melanjutkan kuliah di ITB dengan jurusan desain Interior. Dia sangat memimpikan hal itu dari sejak lama. Bahkan ketika kemarin ia tidak lulus SNMPTN Undangan dia sangat kecewa bahkan menangis dan tidak keluar kamar selama dua hari.

Aku takut dia down dan menjadi gangguan untuk persiapannya menjalani tes SBMPTN nanti.

Aku memberikan beberapa tips untuk adikku

  1. Tenangkan hati dan pikiran

Aku mengatakan kepadanya bahwa jika hati dan pikiran tidak tenang maka apapun yang kita lakukan akan terganggu, apalagi jika kita sedang mempersiapkan ujian, dengan kata lain kita sedang belajar. Belajar tidak akan lancar jika hati dan pikirannya kalut.

  1. Membuat pola hidup yang teratur

Pola hidup yang aku maksud disini adalah, jam belajar, jam makan hingga jam tidur. Jangan terlalu diforsir belajar sampai mengesampingkan tidur dan makan. Karena jika belajar cukup tp tidur dan makan kurang, takutnya akan drop sakit ketika sudah mendekati waktu ujian.

  1. Membuat rencana belajar yang matang

Belajar akan lebih terarah jika kita memiliki rencana yang matang, misal hari ini harus mempelajari apa. Jam belajar nya harus berapa lama. Target hari ini apa dan seterusnya.

  1. Banyak berlatih soal

Apa yang sudah kita pelajari selama persiapan akan lebih mantap lagi jika kita menyeimbanginya dengan banyak berlatih soal-soal. Soal SBMPTN berbeda dengan UN. Pemecahan masalah dari soalnya lebih rumit, pemahaman dari soal SBMPTN tersebut pun harus lebih dalam lagi. Soal SBMPTN akan lebih mudah jika kita terbiasa mengerjakan tipe-tipe soal tersebut.

  1. Membuat ringkasan materi

Akan lebih mudah dan cepat dipahami jika kita belajar menggunakan ringkasan materi. Terlebih jika kita dapat membuat main map atau ringkasan yang lebih menarik jika kita membacanya.

Bukan hanya tips yang aku berikan, tapi aku juga menyarankan kepada adik iparku untuk mengakses materi dan soal-soal dari aplikasi Ruangguru. Ruangguru menyediakan bank soal yang beragam, selain itu juga terdapat Ruanguji di Ruangguru yang berisi latihan soal hingga try out. Soal SBMPTN tersedia banyak di aplikasi ini, bukan hanya soalnya, pembahasannya juga mudah dipahami dan rinci. Hasil dari mengerjakan soal tersebut pun bisa langsung kita lihat untuk memacu motivasi dan semangat untuk terus berlatih lagi.

Selain soal, materi juga lengkap di aplikasi ini. Materi disajikan dalam bentuk infografis dan video animasi sehingga membuat adikku nanti tidak bosan dalam belajar mempersiapkan ujian SBMPTN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *