pintu surga

Pintu – Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya

Lebihbaik.net – Surga merupakan tempat yang Allah janjikan kepada orang orang yang dapat melalu ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Orang orang yang bertaqwa akan bisa melewati ujian yang diberikan, namun orang orang yang tidak bertaqwa akan selalu lupa apa yang telah Allah berikan kepadanya. Namun apakah anda tahu, bahwa di dalam surga memiliki pintu pintu yang disesuaikan dengan golongan tertentu? Apa sajakah pintu tersebut? Berikut Ulasannya :

 

 

Dalam suatu hadits dari shahabat Sahl bin Sa’ad radhiyallaahu anhu dari Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam bersabda bahwa surga ada delapan pintu. “Di dalam surga terdapat delapan pintu, di antaranya adalah Ar Rayyan. Tidak ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR Bukhari Muslim). Berikut ini delapan pintu surga yg terbuat dari emas yg ditaburi jauhar.

 

  1. Pintu Pertama

Pada pintu pertama bertuliskan “Laa illa ha illallah muhammadurrosullullah” merupakan pintunya para Nabi & Rosul, termasuk juga pintunya para suhada & para dermawan.

 

  1. Pintu Kedua

Pintu setelah itu yaitu pintu utk orang yg rajin sholat, orang yg memperbaiki wudhunya & meyempurnakan rukun sholatnya. Dari Uqbah bin Amir, beliau mendapati Rasulullah berkhutbah di hadapan beberapa orang. Yg beliau temukan dari kata kata Rosul ialah sabda dirinya :

 

“Tidaklah seorang Muslim berwudhu, lalu memperbagus wudhunya, lalu ia melakukan sholat dua rokaat dengan sepenuh hati dalam dua rakaat tersebut menghadapkan hati dan wajahnya, melainkan surga pasti berhak ia dapatkan.” Akupun berkata: “Betapa bagusnya hal ini.” Tiba-tiba ada seseorang yang berbicara di hadapanku. la mengatakan bahwa sabda beliau yang sebelum itu lebih menarik lagi. Akupun melihatnya, ternyata ia adalah Umar. la berkata: “Sungguh, aku lihat engkau ini baru saja datang. Rosul telah bersabda: “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian ia berdoa: `asyhadu anla ilaha illalloh wa anna Muhammadan ‘abdullohu wa rosuluh’, melainkan akan dibukakan untuknya pintu surga yang delapan. la bisa masuk dari pintu manapun yang ia suka.” (HR. Muslim)

 

  1. Pintu Ketiga

Pintu ketiga dikhususkan pada beberapa orang yg mengeluarkan zakat dgn penuh rasa ikhlas. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam bersabda :

 

“Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Hai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Royyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari)

 

Al-Qadhi menukil kata kata Al-Harawi dikala menerangkan makna berinfak di jalan Allah dalam hadits ini mencakup berinfak utk segala wujud amal kebaikan, bukan kusus untuk jihad saja (Al-Minhaj, 4/352).

 

  1. Pintu Keempat

Yaitu pintu bagi orang yg memerintahkan pada kebaikan & melarang kemungkaran. Buat memasuki pintu surga itu kita mesti jalankan amal shaleh.

 

“Bagi setiap orang yang beramal terdapat sebuah pintu khusus di surga yang dia akan dipanggil melalui pintu tersebut karena amal yang telah dilakukannya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah)

 

  1. Pintu Kelima

Pintu surga kelima ialah pintu bagi beberapa orang yg memutuskan nafsu syahwatnya, serta mencegah udara nafsunya. Sekarang Ini Perzinaan sudah dikemas jadi tindakan yg seolaholah legal. Tindakan yg amat dibenci oleh Allah Swt. bukan cuma dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan telah jadi tingkah laku para remaja. Oleh dikarenakan itu, orang yg sanggup menahan & menjaga syahwatnya jadi karakter muslim yg tentu mendapat jaminan masuk surga.

 

Rasulullah SAW bersabda, “Jika seorang wanita menjaga shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya maka dikatakan kepada wanita tersebut : “Masuklah ke surga dari pintu mana saja sesuai yang engkau kehendaki.”

 

  1. Pintu Keenam

Pintu keenam merupakan pintunya orang yg berhaji & umroh. Dan seandainya mau masuk surga melalui pintu Haji & Umroh, sehingga kita harus bisa menunaikan ibadah haji & umroh. Sama Seperti hadits riwayat Ahmad ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

 

“Barangsiapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apapun, menegakkan shalat, menunaikan zakat, mendengar dan taat (kepada perintah Allah SWT); niscaya Allah akan memasukkannya lewat pintu surga manapun yang ia maui. Dan pintu surga itu ada delapan”.  Salah satunya adalah pintu  Haji dan Umroh. Dan pahala bagi haji mabrur adalah surga, sedangkan pahala dari umroh ke umroh berikutnya adalah penghapus dosa diantara keduanya”. (HR. Bukhori dan Muslim).

 

  1. Pintu Ketujuh

Pintu ketujuh yaitu pintunya orang yg berjihad. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda :

 

“Barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, niscaya ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, ini adalah kebaikan. Barangsiapa termasuk orang yang giat mengerjakan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa termasuk orang yang berjihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa termasuk orang yang rajin berpuasa, ia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan. Dan barangsiapa termasuk orang yang gemar bershadaqah, maka ia akan dipanggil dari pintu shadaqah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

 

  1. Pintu Kedelapan

Pintu selanjutnya dikhususkan pada beberapa orang yg menjaga puasanya. Dalam hadistnya Nabi Muhammad SAW mengemukakan bahwa mereka yg menjaga puasanya dapat dipanggil dari pintu Ar-Rayyaan.

 

Itu tadi adalah ulasan tentang Pintu – Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya. SubhanaAllah. Semoga kita menjadi salah satu golongan yang diatas. Dan juga semoga Allah SWT berkenan menyelamatkan kita, orang tua kita, keluarga kita, orang yang kita sayang, orang yang sayang kita dari panasnya Api Neraka. Amin Amin Ya Rabbal Alamin.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Maka tunggu apa lagi, ayo kita bagikan kepada teman teman kita agar kita menjadi sosok yang Lebihbaik. Dan juga ilmu yang bermanfaat merupakan pahala yang tetap mengalir walaupun kita sudah tiada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *