tidur miring

Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Lebihbaik.net – Setiap manusia pasti membutuhkan tidur. Namun tidak banyak yang tahu bahwa posisi yang paling baik untuk tidur adalah miring ke kanan. Bukan miring ke kiri, telentang, apalagi tengkurap. Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk tidur miring kekanan. Pastinya Rasulullah menyuruh kita berbuat begitu bukan tanpa alasan. Ternyata ada manfaat ketika kita tidur miring ke kanan. Apa sajakah itu? Berikut Ulasannya :

 

 

Posisi tidur nyata-nyatanya berdampak kepada kesehatan organ badan. Berdasarkan The Journal of American College of Cardiologi yg dimuat New York Times 21 Pebruari 2011 lalu menyebut, tidur dengan posisi miring ke kanan lebih aman daripada miring ke kiri.

Penelitian yg dilakukan sejak 2003 tersebut menyebut bahwa tidur dgn posisi miring ke kanan sanggup mengurangi risiko kegagalan fungsi jantung. Lantaran, dikala posisi badan miring ke kanan, menciptakan jantung yg berada di bidang kiri tak tertindih oleh organ yg yang lain. Nyata – nyatanya, tidak cuma berguna utk jantung, tidur miring ke kanan pun berguna buat organ yang lain, seperti otak, lambung, empedu & banyak organ yang lain. Berikut ini sekian banyak organ badan yg mendapatkan manfaat dari posisi tidur miring ke kanan.

 

 

  1. Mengistirahatkan Otak Kiri

Tidur miring ke kanan, berguna buat mengistirahatkan otak kiri. Otak manusia terbagi jadi dua bidang, adalah otak kanan & otak kiri. Otak bidang kanan yakni otak yg mempersarafi organ badan sebelah kiri & sebaliknya. Kumpulan syaraf yg menggerakkan badan sebelah kanan terdapat di otak kiri. Dgn tidur pada posisi miring ke kanan, otak bidang kiri dapat terhindar dari bahaya yg timbul akibat terhambatnya sirkulasi darah.

 

  1. Mengurangi Beban Jantung

Posisi tidur miring ke kanan yg rata memungkinkan cairan tubuh( darah )terdistribusi merata & terkonsentrasi di sebelah kanan ( bawah ). Perihal ini akan menyebabkan beban falsafah darah yg masuk & ke luar jantung lebih rendah. Efek posisi ini yaitu denyut jantung jadi lebih lambat, tekanan darah pun dapat menurun. Keadaan ini bakal membantu kualitas tidur.

 

  1. Mengistirahatkan Lambung

Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dgn ujung katup keluaran menuju usus menghadap kearah kanan bawahBila seseorang tidur kesebelah kiri sehingga proses pengeluaran chime (makanan yg sudah dicerna oleh lambung & bercampur asam lambung ) dapat sedikit terganggu, factor ini bakal memperlambat proses pengosonganlambung. Rintangan ini pada hasilnya bakal meningkatkan akumulasi asam yg dapat menyebabkan erosi dinding lambung. Posisi ini serta dapat menyebabkan cairan usus yg bersifat basa bisa masuk balik menuju lambung dgn akibat erosi dinding lambung dekat pylorus.

 

  1. Meningkatkan Pengosongan Kandung Empedu, Pankreas

Adanya aliran chime yg tidak tersendat dapat menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, perihal ini bakal mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas pun dapat meningkat dengan posisi miring ke kanan.

 

  1. Meningkatkan Diwaktu Penyerapan Zat Gizi

Saat tidur pergerakan usus meningkat. Dgn posisi sebelah kanan, sehingga perjalanan makann yg sudah tercerna & siap di serap bakal jadi lebih lama, factor ini disebabkan posisi usus halus sampai usus agung ada di bawah. Dikala yg lamam selamat tidur mengizinkan penyerapan bisa optimal.

 

  1. Merangsang Buang Air Besar (BAB)

Dgn tidur miring ke sebelah kanan , proses pengisian usus agung sigmoid ( sebelum anus ) bakal lebih serentak penuh, jikalau telah penuh bakal merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus maka mudah buang air besar.

 

  1. Mengisitirahatkan Kaki Kiri

Pada orang dengan pergerakan kanan, dengan cara ergonomis guna menyeimbangkan posisi dikala beraktifitas condong memakai kaki kiri yang merupakan pusat pembebanan. Maka kaki kiri rata-rata condong lebih merasa pegal dari kanan, apalgi kaki posisi paling bawah di mana falsafah darah balik (vena) condong lebih lambat. Seandainya tidur miring kanan, maka pengosongan vena kaki kiri dapat lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.

 

Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kepada para pengikut beliau untuk tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan. Dalam sunnah, posisi tidur diusahakan agar kepalamenghadap ke utara dan kaki mengarah ke selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus/medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju ke selatan dan berpengaruh baik terhadap sistem syaraf kita.

 

Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan.

 

Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan. ” (HR. Bukhari).

 

Itu tadi adalah Ulasan tentang Manfaat Tidur Miring ke Kanan. SubhanaAllah. Memang apa yang dilakukan oleh Rasulullah semuanya merupakan hal baik. Dan juga semua yang dilarang Rasulullah merupakan hal buruk. Pantas Allah menjadikan Nabi Muhammad menjadi manusia yang sangat dicintai-Nya. Semoga kelak kita mendapatkan safa’at Nabi Muhammad SAW. Amin.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari). Maka tunggu apa lagi, ayo kita bagikan kepada teman teman kita agar kita menjadi sosok yang lebihberiman. Dan juga ilmu yang bermanfaat merupakan pahala yang tetap mengalir walaupun kita sudah tiada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *